144 Motor Hasil Curian di Banten Dikembalikan ke Pemiliknya

144 Motor Hasil Curian di Banten Dikembalikan ke Pemiliknya

Sebanyak 144 kendaraan ber motor dan 2 mobil dikembalikan kepada pemiliknya yaitu warga Banten. Semua kendaraan ini merupakan hasil dari operasi Jara Kalimaya 2018 yang dilakukan pada tanggal 6 sampai 16 September.

Selain berhasil mengamankan ratusan kendaraan, operasi yang dilakukan ini juga berhasil mengamankan 39 tersangka. Dari tangan mereka, barang bukti curian berhasil diamankan dari setiap jajaran Polres di Banten.

“Operasi ini tujuan utamanya yaitu penanggulangan pencurian kendaraan bermotor yang bersifat meresahkan masyarakat. Dari 144 kendaraan ini, sudah ada 67 warga yang datang untuk mengklaim kepemilikan kendaraan dan kami serahkan kepada mereka,” ucap Bridjen Teddy Minahasa Putra selaku Kapolda Banten di Jl. Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Selasa(25/9).

Yang terbanyak, ratusan kendaraan ini diambil dari pengungkapan pencurian di kawasan Polresta Tangerang. Ada dua modus utama yang dilakukan oleh para tersangka pencuri khususnya di wilayah Tangerang dan Banten.

Pertama, para pencuri kendaraan ini mengintai di mall atau pun di pusat keramaian. Modus pencurian dilakukan ketika si pemilik keluar dari tempat parkir.

“Modus ini biasanya dilakukan pada jam 19.00 sampai jam 22.00 WIB,” ucapnya.

Kedua, pencurian dilakukan didaerah pemukiman warga. Operasi ini dilakukan mulai jam 02.00 sampai jam 04.00 WIB. Mereka, masuk ke pemukiman warga dan menerobos masuk ke dalam rumah para korban.

Teddy menambahkan, dirinya memiliki kebijakan, semua barang bukti curanmor harus dikembalikan ke para pemiliknya. Penyidik di jajaran Polsek ataupun Polres diminta untuk secepatnya mengembalikan kendaraan setelah selesai melakukan pencatatan data-data kepemilikan.

“Jadi tidak perlu ditunda-tunda, kelamaan di kantor polisi nanti jadi status polisi, sayang juga tidak dirawat. Saya berharap penegak hukum lainnya juga dapat berjalan seperti ini. Tidak diwajibkan barang bukti itu harus dibawa diserahkan dalam proses pemberkasan, di tahap kedua juga boleh,” ucapnya.

Kepada para warga yang pernah kehilangan kendaraan bermotor, Teddy menambahkan, mereka bisa datang mengambil kendaraanya di Polda Banten. Dan pengambilan ini tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *