Mission Impossible, Operasi Penyelamatan 12 Remaja dan Pelatihnya Yang Terjebak di Gua Selama 17 Hari

Mission Impossible, Operasi Penyelamatan 12 Remaja dan Pelatihnya Yang Terjebak di Gua Selama 17 Hari

Setelah diselamatkan selama 17 hari terjebak di gua Tham Luang. 12 Remaja Thailand dan pelatih sepakbola mereka dilaporkan mengalami penurunan berat badan rata-rata 2kilogram. Baiknya mereka dalam kondisi yang sehat dan tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda mengalami stress.

Seperti yang diberitakan dari Reuters, Rabu (11/7) kondisi terbaru 12 remaja yang berumur antara 11-16 tahun dan pelatih mereka yang berumur 25 tahun itu diberitakan oleh seorang pejabat kesehatan Thailand.

Rombongan terakhir dari klub sepakbola bernama ‘Wild Boars’ yang terdiri dari 3 remaja dan pelatihnya. Berhasil diselamatkan keluar dari gua hari Selasa(10/7) malam hari waktu setempat. Delapan remaja lainnya sudah diselamatkan terlebih dahulu pada hari Minggu (8/7) dan Senin (9/7) waktu setempat.

Setelah diselamatkan, mereka kemudian dibawa menggunakan helikopter ke salah satu rumah sakit yang berjarak sekitar 70 Km dari gua itu. Dirumah sakit, mereka bergabung dengan teman temannya yang dalam proses karantina untuk sementara.

“Setelah kami cek, mereka dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami stress. Remaja-remaja ini mendapatkan penanganan yang baik saat terjebak didalam gua. Kebanyakkan dari mereka kehilangan berat badan sebesar 2 kilogram.” Ucap Thongchai Lertwilairattanapong, selaku Inspektur Departemen Kesehatan Thailand.

Orang tua dari 4 remaja yang diselamatkan pertama kali, di hari Minggu (8/7), telah diperbolehkan untuk melihat anak-anaknya dirumah sakit. Namun para orang tua ini harus menggunakan pakaian pelindung dan berdiri sejauh 2 meter untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Dikatakan Thongchai, salah seorang remaja dari 4remaja yang diselamatkan terakhir kali. Selasa(10/7) terdeteksi mengalami infeksi paru-paru dan semua korban sudah diberikan vaksin rabies dan tetanus.

12 Remaja bersama dengan pelatihnya masuk ke dalam gua Tham Luang. Pada tanggal 23 Juni dengan tujuan menjelajah setelah siap latihan sepakbola. Namun hujan deras tiba-tiba menguyur kawasan gua yang menyebabkan gua ini dibanjiri cukup hebat akibatnya mereka jadi terjebak di dalam gua dan tidak bisa keluar.

Posisi mereka berada didalam gua, yang berjarang di titik 4 kilometer dari mulut gua

Posisi mereka berada didalam gua, yang berjarang di titik 4 kilometer dari mulut gua, baru diketahui oleh tim penyelam asal Inggris 9 hari semenjak terjebak. Upaya penyelamatan mereka sangatlah sulit menggingat kondisi gua yang sulit dilewati dan tergenang air. Beberapa remajadiantaranya tidak bisa berenang.

Tim penyelam dari Angkatan Laut Thailang atau Navy SEAL dengan kerjasama dari penyelam penyelam dari berbagai negara menjalankan misi yang cukup berbahaya untuk menyelamatkan mereka. Bahkan seorang penyelam mantan anggota Navy SEAL meninggal saat mempersiapkan tabung udara saat proses penyelamatan.

Narongsak Osatanakorn selaku ketua dalam operasi penyelamaran ini mengatakan operasi berbahaya ini adalah ‘mission impossible’

“Hari ini warga Thailand, tim Thailand, mencapai mission impossible,” ucap Narongsak setelah operasi penyelamatan tahap akhir yang selesai dilakukan hari Selasa(10/7) malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *