Lakukan Pemeriksaan Urine Terhadap Supir Jelang Musim Mudik

Lakukan Pemeriksaan Urine Terhadap Supir Jelang Musim Mudik

Seorang supir bus antar kota antar provinsi (AKAP) positif mengkonsumsi obat-obatan saat dilakukan test urine di Terminal Pacitan. Hal ini diketahui setelah petugas memasukkan lat test urine ke dalam urine pria yang berinisial JS ini.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satlantas Polres yang bekerja sama dengan Dishub dalam Operasi Ketupat Semeru 2018, ditemukan bahwa pria yang berumur 44 tahun ini mengkonsumsi obat asam lambung.

JS, supir yang beroperasi di jurusan Pacitan-Jakarta inipun diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya. AKP Muhammad Agung Purnomo, mengatakan pemeriksaan ini untuk memastikan supir dalam kondisi yang baik saat mengendarai kendaraan sehingga dapat memperkecil resiko kecelakaan.

“Memang tadinya kami temukan saat melakukan cek urine, di dalam test ini ditemukan strip satu (positif),” ucap Kasatreskoba kepada wartawan setelah siap pemeriksaan, Kamis(7/6).

Usai mendapatkan penemuan ini, petugaspun langsung melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut ke pengemudi berbadan tegap ini. Selain memintai keterangan, tim medis polres juga melakukan tes urine kembali. Kali ini hasilnya negatif. Berdasarkan pengakuan dari korban ini dirinya sebelum mengkonsumsi obat sakit lambung.

“Setelah kita tanyai kembali, ternyata korban ini memang mengkonsumsi obat sakit lambung. Jenis narkoba negatif,” ucap Agung sambil menjelaskan bahwa alat test yang digunakan mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi.

AKP Hendrix K Wardhana, selaku Kasatlantas Polres Pacitan menambahkan, pemeriksaan kesehatan untuk pengemudi ini akan terus berlanjut dilakukan selama arus mudik dan arus balik lebaran. Hendrix menambahkan selama ini kesadaran para pengemudi untuk melakukan pemeriksaan diri sudah cukup tinggi. Bahkan sebagian pengemudi ini dengan sengaja datang ke posko bersama kenek dan kondektur tanpa diminta.

Hendrik melanjutkan, pemeriksaan ini difokuskan di terminal induk, di Jalan Gatot Subroto. Hal ini dikarenakan area ini merupakan sentral naik turun penumpang untuk semua tujuan. Tidak hanya melakukan pemeriksaan, tim kesehatan juga mempersiapkan multivitamin gratis untuk mereka yang memerlukan. Pengurus terminal juga mempersiapkan ruangan khusus menyusui untuk mereka yang membawa bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *