Puasa Waktu untuk Menjalankan Ibadah dan Menjalankan Pola Makan Yang Sehat

Puasa Waktu untuk Menjalankan Ibadah dan Menjalankan Pola Makan Yang Sehat

Selain untuk menjalankan ibadah, bulan Ramadhan bisa juga dijadikan sebagai waktu yang cocok untuk melakukan pola makan yang baik dan sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dalam memilih makanan yang anda nikmati saat sahur.

Dengan adanya jadwal berbuka dan sahur, kita dapat mengkondisikan tubuh kita untuk mendapatkan asupan energi dan nutrisi yang cukup secara rutin. Meski kemungkinan di awal-awal puasa tubuh anda akan merasa cukup lemas, namun jika kita lebih teliti memilah dan memilih makanan yang kita konsumsi sewaktu sahur dengan benar maka tubuh kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat.

Ketika sahur kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan serat. Jumlah yang dikonsumsipun jangan terlalu berlebihan atau porsi yang menyebabkan kita terlalu kenyang. Bukan jumlahnya yang harus kita utamakan, namun nutrisi dan kandungannya yang perlu kita utamakan.

Supaya puasa seharian selama bulan Ramadhan 2018 in tubuh kita tidak mudah lemas ataupun lapar, ada baiknya jika kita menghindari jenis-jenis minuman dan makanan ini ketika sahur. Selengkapnya akan kita bahas dibawah ini :

1. Makanan Berminyak

Gorengan ataupun sejenis makanan yang mengandung banyak minyak sebaiknya dibatasi bahkan tidak perlu kita makan ketika sahur, kenapa? Hal ini dikarenakan makanan berminyak menyebabkan sistem pencernaan kita harus bekerja lebih keras sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi mudah lelah.

Ketika puasa, tubuh akan berusaha untuk membuang racun namun jika kita saat sahur mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang berminyak, otomatis kinerja tubuh kita untuk detoksifikasi menjadi kurang efektif.

2. Minuman yang mengandung banyak gula pasir.

Ketika berbuka puasa memang kita disarankan untuk mengkonsumsi minuman/makanan yang manis-manis. Namun hal ini berkebalikan ketika sahur. Saat sahur sebaiknya tidak minum minuman yang mengandung gula pasir,walaupun itu hanya teh manis.

Sebaiknya kita mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel maupun pisang. Boleh juga minum jus buah yang mengandung pemanis alami. Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan glukosa dan fruktosa agar mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan seharian berpuasa.

3. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagai penggantinya, konsumsilah makanan yang kaya akan proten dan lemak yang sehat. Jenis protein yang baik untuk dikonsumsi ketika jam sahur diantaranya ikan, telur dan kacang almond. Sementara, makanan yang mengandung lemak sehat yaitu buah alpukat, ikan salmon, dan bermacam kacang-kacangan seperti kenari dan almond.

4. Makanan penyebab Asam Lambung

Makanan yang terlalu asam dan pedas sebaiknya kita hindari ketika sahur. Hal ini karena makanan ini dikhawatirkan dapat menyebabkan datangnya penyakit asam lambung sehingga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Minuman yang mengandung kafein sebaiknya juga tidak dikonsumsi ketika sahur.

5. Makanan mengandung gas

Buah seperti durian, nangka, dan berbagai jenis minuman bersoda sebaiknya juga dihindari saat jam Sahur. Jadi sebaiknya memang harus lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang kita nikmati saat jam Sahur.

Ditembah dengan niat yang ikhlas dan kuat untuk menjalankan ibadah puasa, maka puasa selama bulan Ramadhan tahun 2018 ini bisa membuat tubuh anda terasa lebih sehat yang diimbangi dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat.

Makanlah saat jam sahur dan berbuka secukupnya tentunya dengan menu makanan yang bernutrisi dan sehat. Yakinlah maka puasa seharian kalian akan terlewat tanpa adanya rasa lapar dan lemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *