Xi JinPing Resmi Terpilih Menjadi Presiden China Untuk Periode Kedua

Xi JinPing Resmi Terpilih Menjadi Presiden China Untuk Periode Kedua

Xi JinPing, presiden China, terpilih kembali secara mutlak dalam Kongres Nasional negara itu, untuk menjalankan jabatannya di periode kedua. Xi akan kembali menduduki jabatannya sebagai Presiden China sampai lima tahun ke depan.

Seperti yang dilansir dari AFP, Sabtu, (17/3). Terpilihnya Xi kembali menjadi Presiden diadakan melalui voting saat pergelaran Kongres Rakyat Nasional yang sudah diadakan selama beberapa hari terakhir ini. Total sebanyak 2,970 suara delegasi yang datang memberikan dukungan kepada Xi secara Mutlak untuk menjadi Presiden kembali.

Xi mendapatkan standing ovation (tepuk tangan berdiri) setelah dinyatakan terpilih menjadi presiden kembali.

Terpilihnya kembali Xi menjadi presiden untuk kedua kalinya sudah diprediksi sejak lama. KRI ini dihadiri oleh para loyalis Partai Komunis China dan sangat kecil kemungkinan Xi ini tidak terpilih.

Di Tahun 2013, Xi terpilih menjadi presiden di periode pertama dengan dukungan sebanyak 2,952 suara delegasi. Saat itu, hanya ada satu suara yang menolak dan tiga suara abstain.

Di tahun ini, semua mata tertuju pada Wakil Presiden China yang baru, yang akan mendampingi jabatan Xi sampai tahun 2023. Dalam acara forum yang sama, Wang QiShan terpilih oleh Kongres Nasional. Dia merupakan mantan penegak hukum antikorupsi. Sebanyak 2.969 suara delegasi memilih Wang dalam voting yang dilakukan sabtu (17/3). Hanya satu suara yang menolak Wang dalam voting ini.

Wang mendapatkan julukan ‘Firefighter’ karena perannya untuk mengatasi berbagai permasalahan. Permasalahan yang dihadapinya seperti korupsi, dan permasalahan finansial domestik dalam beberapa tahun terakhir. Wang juga berpengalaman berkomunikasi dengan otoritas Amerika Serikat saat dirinya menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri China di periode 2008-2013. Ketika itu Wang menjadi pemimpin di perundingan ekonomi tahunan dengan negara AS.

Xi dan Wang dapat menjabat untuk batas waktu yang tidak ditetapkan

setelah dinyatakan terpilih, Xi dan Wang saling berjabat tangan dan disambut dengan tepuk tangan yang sangat meriah di delegasi Kongres Rakyat Nasional China.

Mereka berdua kemudian mengucap sumpah dengan menyatakan kesetiaannya kepada konstitusi China. Tangan kiri Xi diletakkan diatas sebuah buku dengan sampul warna merah yang didalamnya ada Konstitusi China. Kemudian tangan kanannya mengepal ke atas sebagai simbol sumpah yang dilakukannya.

Minggu lalu, Kongres Rakyat Nasional sudah meloloskan amandemen Konstitusi China. Salah satu didalamnya mengatur tentang penghapusan batas masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden. Dengan adanya amandemen ini, Xi dan Wang dapat menjabat untuk batas waktu yang tidak ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *