Ratusan Umat Hindu Datangi Pantai Paseban Ikuti Upacara Melasti

Ratusan Umat Hindu Datangi Pantai Paseban Ikuti Upacara Melasti

Ratusan Umat Hindu mendatangi Pantai Paseban di Kecamatan Kencong, untuk mengikuti upacara Melasti. Upacara ini dilakukan untuk menyambut Hari Raya Nyepi Hari Sabtu (17/3) minggu depan.

Wahyu Widodo, selaku Ketua Panitia dalam upacara Melasti ini mengaku upacara ini diikuti oleh semua umat Hindu yang berada di Jawa Timur, terutama yang tinggal di kawasan Tapal Kuda. Diantaranya yaitu Situbondo, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso dan juga Jember.

Khusus di daerah Jember upacara ini diikuti oleh ratusan orang dari sekitar 12 pura yang berada tersebar di Kabupaten Jember. “Kali ini kami menggunakan tema Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa dan Bernegara Demu keutuhan NKRI. ” Ucapnya, Minggu (11/3).

Widodo melanjutkan , dengan tema ini, umat Hindu Berharap persatuan semakin terjalin dengan baik dalam rangka kebhinekaan. Dan untuk menjaga keutuhan NKRI. Apalagi saat ini sedang banyaknya isu isu yang dapat mengarah ke perpecahan umat antaragama.

Dalam Upacara Melasti ini, semua umat Hindu berharap NKRI dapat selalu utuh dan terjaga dengan baik.

“Semoga kedepan persatuan semakin baik, persatuan bangsa dan negara yang terjalin semakin erat dan semakin banyak yang mengikuti upacara Melasti ini.” Widodo berharap.

Pantauan dari Lokasi sebanyak ratusan umat Hindu ini datang sejak jam 07.00 WIB. Mereka menggenakanan pakaian adat dan agama. Mereka juga membawa ubo rampe yang digunakan untuk prosesi upacara. Diantaranya yaitu ternak, padi dan juga buah-buahan. Doa dan puji-pujian juga dipanjatkan. 

Di Pantai Paseban, upacara ini dimulai dengan memanjatkan doa yang dipimpin oleh pemangku adat. Dilanjuti puncak acara dengan melarung Jolen. Jolen merupakan miniatur perahu yang berisi sejumlah sesembahan yang dihanyutkan ke laut.

Seiring dengan terbawanya sesajian oleh arus menuju tengah laut. Doa dan Puji-pujain terus dipanjatkan. Dalam doa mereka memanjatkan agar kehidupan yang kedepan menjadi lebih baik.

Acara ini juga menarik perhatian warga sekitar. Mereka berbondong-bondong ikut menuju ke Pantai Paseban. Mereka terlihat antusias menonton Prosesi Upacara Melasti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *