Wakil Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce, Mengundurkan Diri

Wakil Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce, Mengundurkan Diri

Australia, Barnaby Joyce memberi pengumuman bahwa diri nya akan mengundurkan diri dari jabatan nya yaitu sebagai Wakil Perdana Menteri dan Ketua Partai Nasional.

Dalam jumpa pers yang digelar Hai Jum’at (23/2), Barnaby Joyce mengatakan pengunduran diri nya ini akan mulai berlaku dari hari Senin depan. 

Sebelumnya, Barnaby Joyce sudah menghadapi beberapa tekanan yang cukup besar sebelum mengundurkan diri, setelah terungkapnya hubungan asmaranya dengan salah satu mantann staff khususnya.

Di kasus lain, Joyce juga menghadapi fitnah bahwa dirinya telah melakukan penganiayaan seksual terhadap salah seorang anggota di Partai Nasional.

Partai Nasional merupakan partai yang melakukan koalisi dengan Partai Liberal dan saat ini memimpin pemerintahan Australia.

Dalam Koalisi ini Perdana Menteri nya berasal dari Partai Liberal, dan untuk Wakil Perdana Menterinya berasal dari Partai Nasional.

Terkait keputusannya mengundurkan diri, Joyce mengatakan hal ini untuk membersihkan namanya.

Di Negara Australia, posisi dan jabatan yang diduduki Joyce disebut sebagai posisi Frontbench (barisan kursi depan) dimana para menteri biasanya duduk di kursi depan saat sidang parlemen. Sementara mereka yang tidak mempunyai jabatan duduk di bagian kursi belakang dan disebut sebagai Backbench.

Joyce menambahkan, saat ini dia akan menempati posisi backbench, sehingga dia tidak mengundurkan diri dari posisi parlemen.

Joyce juga sudah memberitahukan keputusannya ini kepada pejabat Perdana Menteri Australia saat ini yaitu Mathias Cormann, karena saat ini Malcolm Turnbull, Perdana Menteri sedang melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Joyce tidak mengatakan siapa yang akan menggantikannya sebagai Wakil Perdana Menteri ataupun Pemimpin Partai Nasional.

Joyce membenarkan bahwa dia telah menghadapi beberapa tuduhan, namun tidak ada satupun dari tuduhan itu yang terbukti benar.

“Jelas sekali kita sulit menjelaskan sesuatu di depan sidang parlemen, ketika ada masalah yang sedang kita hadapi. Banyak yang sudah menilainya dengan buruk. Ucap Joyce kepada wartawan dalam jumpa persnya di Armidale, di daerah pemilihannya New England.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *